Mengatasi “Cannot locate the microsoft visual FoxPro”

Pernah ngalami kendala muncul pop-up window bertuliskan Cannot locate the microsoft visual FoxPro support library? Hal ini biasanya muncul ketika menjalankan aplikasi berbasis visual foxpro dan terjadi kesalahan atau software yang digunakan tidak kompatibel. Pada sistem operasi windows XP biasanya jarang kita dapati notification seperti ini, dan lebih sering ditemukan di sistem operasi Windows Seven atau Windows 8.


Saya pernah mengalami hal tersebut ketika memasang aplikasi RKA-KL DIPA 2016 menggunakan sistem operasi Windows 8. Setelah install aplikasi dan database, pada saat dijalankan muncul notif seperti ini:

Pesan error diatas muncul karena membutuhkan file MSVCR71.DLL, VFP9R.DLL, dan VFP9RENU.DLL, versi terbaru yang kompatibel dengan sistem operasi yang digunakan. Dan ternyata, cara mengatasinya cukup mudah. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan:

1. Unduh file dibawah ini:
MSVCR71.DLL (unduh)
VFP9R.DLL (unduh)
VFP9RENU.DLL (unduh)

2. Setelah terunduh semua, copy dan paste ketiga file tersebut di folder aplikasi yang digunakan (saya gunakan adalah aplikasi RKAKLDIPA2016).


3. Karena ada file yang sama, biasanya akan muncul kotak dialog seperti ini.


4. Pilih replace untuk menimpa file yang sudah ada sebelumnya.

5. Alhamdulillah selesai, dan aplikasi dapat dijalankan.

Demikian, semoga bermanfaat.

Posting Komentar

16 Komentar

  1. terimakasih sangat membantu untuk saya newcomer

    BalasHapus
  2. 5 jam utak utik ini, tp ternyata dalam 5 menit bisa selesai, thank you Mas. Tuhan memberkati

    BalasHapus
  3. pagi pak mohon bantuannya pak, saya mau buka aplikasi RKAKL khusus bagian matriknya tidak bisa keluar eror foxpro, kebetulan saya pakai window 10 pak...

    BalasHapus
  4. Kok di foxpro saya keluar pesan
    Program error
    Unknown member header2 ya , gan
    Boleh minta bantuannya segera ngak
    Penting bgt soalny gan
    Mkasih

    BalasHapus
  5. Saya dari indonesia, senang berkunjung diblog anda salam dari saya.
    Ahmad Kurniawan Siddik

    BalasHapus
  6. Terimakasih Gan sangat Berguna dan berfungsi

    BalasHapus
  7. itu di copy ke folder aplikasi yg kita buat ?? atau folder yg nama nya sama seperti itu ??

    BalasHapus
  8. woww, alhamdulillah jitu sekali...langsung lancar jaya...tengkyu yaach

    BalasHapus
  9. Terimakasih bang tutorial nya bermanfaat sekali, sekarang komputer di kantor udah gak error. bos saya di kantor full senyum lagi

    BalasHapus